PROGRAM KERJA PUBLIC RELATIONS DALAM ORGANISASI 

What’s our masalah? 

 

What what we can do? 

 

What we did and why? 

 

How did we do? 

 

Kedudukan, peran serta pekerjaan Public Relations dalam satu organisasi (perusahaan/pemerintahan), terang sengatlah perlu. Hingga proses aktivitasnya mesti dikemas seefektivas mungkin saja. Serta ini salah satunya dapat dicapai lewat cara mempesiapkan serta menerapkan program kerja Public Relations dengan baik serta pas.  konsultan pr jakarta bisa menjadi solusi kamu.

 

 

Dalam bukunya Effective Public Relations, M. Cultip & Allen H Center mengatakan, program kerja public relations lewat sistem empat bagian atau beberapa langkah pokok, yaitu : 

  • Research Listening (Riset serta Dengarkan). Dalam step ini Public Relions Officer pelajari opini, sikap,. Serta reaksi umum berkaitan pada kebijakan atau product organisasi. Dalam step ini diputuskan satu kenyataan serta info yang terkait segera dengan kebutuhan organisasi, yaitu What’s our masalah?. 
  • Rencana Decission (Rencana pengambilan ketentuan). Memberi sikap, opini, inspirasi, serta reaksi yang terkait dengan kebijaksanaan. Dikerjakan juga penetapan program, kerja organisasi yang searah dengan kebutuhan atay sebagian hasrat pihak mempunyai urusan, Here’s what what we can do? 
  • Communication -Action (Mengkomunikasikan serta Proses). Menerangkan serta sekalian menfasirkan info tentang beberapa langkah yang juga akan dikerjakan, diinginkan dapat memengaruhi pihak-pihak spesifik yang perlu serta punya potensi mensupport program organisasi. Here’s what we didi and why? 
  • Evaluation (Mengevaluasi). Membuat penilaian. pelajari pada program serta hasil kerjas kesibukan public relations. How did we do? 
  • Keempat bagian itu. Keduanya terkait begitu erat. Berarti manfaat memperoleh hasil maksimum, semuanya bagian mesti selalu dilewati/dikerjakan dengan baik. Tiap-tiap step dalam program kerja public relations itu, sama perlunya untuk terlaksananya satu program public relations yang dampaktiv. 

 

Bila di jabarkan lebih detil, keempat tahapon menurut M Cultiv & Center itu, yaitu seperti berikut : 

  • Menganalisa perilaku umum serta hubungan organisasi pada lingkungan. 
  • Memastikan serta mengerti dengan benar perilaku masing-masing grup pada organisasi. 
  • Menganalisasi tingkat opini umum, baik yang intern (internal public) ataupun yang ekstern (external public). 
  • Menghadapi kecenderungan-kencenderungan, beberapa masalah mungkin, bebrapa keperluan serta bebrapa peluang. 
  • Memastikan formulasi serta meurumuskan kebijakan-kebijakan. 
  • Berencana alat atau langkah yang sesuai sama untuk tingkatkan atau merubah perilaku masayarakat tujuan. Termasuk juga buat biaya/biaya cost operasionalnya. 
  • Menggerakkan serta melakukan beberapa kesibukan sesuai sama program yang sudah direncanakan. (Saksikan kembali bahasan Pekerjaan serta Peran Public Relations) 
  • Terima umpan balik untuk dievaluasi, lalu membuat penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan.