Panduan Pilih Sepatu Safety Untuk Pekerja Lapangan 

Pilih Sepatu Safety untuk Pekerja Lapangan atau Pilih sepatu safety (SafetyShoes) mesti memerhatikan beragam hal, selain biaya (cost) serta design juga tidak kalah perlu yaitu pertimbangan lingkungan kerja. 

 

Project Pengaspalan Jalan atau Project Jalan Tol 

Project type ini umumnya berjalan kurun waktu 3 hingga 6 bln. hingga tetaplah diperlukan sepatu safety dengan bahan kulit aslidan sol karet. Sebaiknya pilih jenis tanpa ada tali atau menggunakan resleting samping, hingga sepatu tetaplah awet walau terserang aspal cair yang masih tetap mendidih. Bila menggunakan safety shoes bertali jadi sisi talinya juga akan gampang putus serta kurang praktis untuk melepas serta menggunakan sepatu. 

 

Pertambangan Batu bara serta Minyak Bumi 

Pertambangan adalah satu diantara lingkungan kerja dengan kemungkinan tinggi (high risk environment hingga diperlukan sepatu safety murah dengan spesikasi spesial, Jenis boot tinggi hingga 24 sampai 28 cm (membuat perlindungan mata kaki serta betis). Sol tahan minyak (oil resistant sole) serta memiliki bahan PU (polyurethane) untuk pertambangan minyak bumi. Sol karet pentil (sol DR rubber) tahan benda tajam untuk pertambangan batu bara serta bijih besi. Bisa pula sol PU dengan penambahan pelat besi didalam sol untuk menghindartusukan paku atau benda tajam beda. 

 

Pabrik Semen serta Beton Bertulang 

Pabrik semen atau beton memerlukan sepatu safety boot tinggi, membuat perlindungan dari siraman semen serta bahan kotor yang lain. Manfaatkanlah sepatu safety dengan sol karet pentil. 

 

Pabrik Kelapa Sawit serta Gula 

Pabrik kelapa sawit da pabrik gula ini memerlukan sepatu safety dengan sol Tahan Minyak. Gunakanlah sepatu Safety yang pas dengan medan kerja. Pembersihan sepatu sesudah digunakan juga akan tingkatkan umur gunakan. Kamu bisa menggunakan sepatu safety dengan jenis yang pendek-sedang atau boot sesuai dengan tempat kerja. Upayakan menggunakan sepatu safety yang tanpa ada tali, untuk mempermudah penggunaan. 

 

Pabrik Peleburan Besi serta Baja 

Pabrik besi juga tempat kerja memiliki resiko tinggi. Gunakanlah sepatu safety dengan jenis tutup mata kaki atau boot tinggi. Pastikan sepatu safety dengan resleting karena lebih tahan panas serta tahan percikan api atau baja cair. Bila didalam ruang bersuhu tinggi (diatas 100 derajat celcius). 

 

Project konstruksi Gedung serta Perumahan 

Pakai sepatu safety Boot safety atau middle boot yang tutup mata kaki. Untuk hindari tertusuk paku jadi dianjurkan memberikan PLAT BESI pada telapak kaki (di dalam sol). 

 

Dapur Lestoran serta Pabrik MAMIN 

Untuk dapur (kitchen) serta restoran begitu dianjurkan menggunakan sepatu safety shoes dengan SOL yang tahan licin atau anti slip. Hingga pengguna tidak gampang terpeleset saat lantai dapurnya licin terserang minyak. Umumnya menggunakan sepatu jenis pendek dengan elastic samping, hingga lebih praktis. 

 

Pabrik Kimia atauMengandung BahanKimia 

Untuk pabrik atau tempat yang memiliki kandungan bahaya bahan kimia, diharuskan menggunakan sepatu safety/safety shoes dengan spesi! kasi ACID RESISTANT atau CHEMICAL RESISTANT, hingga pengguna terlepas dari kemungkinan cacat karena terserang tumpahan bahan kimia beresiko. Dapat menggunakan jenis pendek atau tengah, dianjurkan yang slip on (tidak bertali) agar lebih praktis. 

 

Pelabuhan serta Bandar &dara 

Tempat kerja ini terkait dengan bahan bakar, air, aftur serta benda cair yang lain. Dengan penambahan SOL tahan licin. Dapat menggunakan sepatu safety pendek atau tengah serta dapat menggunakan tali atau tanpa ada tali.